PIXEL

Menjaga Kesehatan Jantung Dari Hal Sederhana



Pola hidup yang buruk memainkan peranan penting dalam kondisi kesehatan jantung. Stres, kurang bergerak, malas tes kesehatan, dan pola makan yang sembarang merupakan kebiasaan – kebiasaan yang jarang disadari tetapi mempengaruhi kesehatan jantung. Padahal serangan jantung akibat tekanan darah tinggi dan kolestrol dapat terjadi tiba-tiba bahkan di saat kita merasa sehat. Tentunya ini sangat berbahaya sekali untuk Anda.

Mengingat pentingnya peran jantung yang sehat untuk menjalani kehidupan, sudah seharusnya kita mulai menjaga kesehatan jantung. Tidak perlu muluk – muluk mari kita coba jaga kesehatan jantung dar kebiasaan -  kebiasaan sederhadan dalam kehidupan sehari – hari.

Cek Kesehatan Secara Berkala


Untuk memastikan kesehatan jantung, maka yang pertama kali dilakukan adalah rutin melakukan tes kesehatan khususnya tekanan darah dan kolesterol secara berkala. Pria dan wanita sebaiknya rutin melakukan tes kesehatan sejak usia 30an tahun, karena serangan jantung dan stroke umumnya terjadi di sekitar usia 55 tahun.

Kebiasaan untuk melakukan tes kesehatan sangat membantu apabila terjadi perubahan pada kinerja jantung. Anda dapat segera melakukan tindakan pencegahan bersama dokter untuk menurunkan resiko serangan jantung. Sangat berbahaya apabila Anda merasa sehat tetapi ternyata kesehatan jantung Anda sedang dalam kondisi terancam.

Jadi semakin muda Anda memahami kondisi kesehatan jantung maka itu semakin baik.

Kurangi Stres


Kondisi kehidupan tidak jarang membuat pikiran seseorang menjadi kacau sehingga mengalami stres. Stres ini dapat ditimbulkan oleh berbagai faktor seperti tekanan kerja yang berat, masalah keuangan, hubungan asmara, dan macet yang setiap hari Anda temui.

Stres tidak hanya berimbas pada pikiran yang menjadi kacau dan susah berpikir. Tetapi stres juga mempengaruhi pada kesehatan jantung karena dapat memicu naiknya tekanan darah. Berdasar Harvard Health Publication, para karyawan yang mengalami stres dalam mengahadapi pekerjaan memiliki peluang mengalami serangan jantung 40% lebih banyak.
Untuk mengurangi stres Anda dapat mencoba meditasi atau memiliki me time untuk melakukan hal – hal yang menyenangkan.

Gunakan Pola Makan Yang Lebih Baik


Apa yang dimakan akan berperan aktif dalam mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang, termasuk kesehatan jantung.

Untuk menjaga kesehatan jantung, sangat disarankan untuk mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh seperti bahan kacang – kacangan dan daging salmon. Bahan makanan tersebut minim lemak jahat dan meningkatkan HDL yang bersahabat dengan kesehatan jantung.

Vitamin E, L-arginin, kompleks B, dan vitamin A juga disarankan untuk dikonsumsi karena dapat melindungi kesehatan dinding arteri Anda dan mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan.

Dapatkan Orgasme Dalam Hubungan Seksual


Hubungan seksual memang dapat memicu naiknya tekanan darah dan detak jantung. Akan tetapi hubungan sesksual bersama pasangan resmi yang mencapai orgasme jutru baik untuk kesehatan jantung Anda.

Pada saat orgasme, tubuh akan melepas hormon DHEA. Hormon ini mampu membuat tubuh menjadi merasa bahagia dan nyaman. Hasilnya kondisi tubuh yang rileks karena bahagia dan nyaman mampu menurunkan stres dan tekanan darah pada jantung. Hal ini diperkuat dengan studi yang menunjukkan hasil bahwa seseorang yang mengalamii orgasme 3 kali seminggu memiliki peluang resiko serangan jantung lebih rendah, bahkan sampai 50%.

Jangan Lupa Bergerak


Banyak pekerjaan yang membuat seseorang duduk terlalu lama sehingga jarang bergerak. Hal ini justru kurang baik untuk kesehatan jantung.
Seorang peneliti dari Ohio State Wexner Medical Center menyarankan untuk bangun atau bergerak dari duduk karena dapat meningkatkan lipoprotein lipase yang berperan dalam mengubah kolestrol jahat menjadi kolesterol baik.