PIXEL

Ingin Rutin Bersepeda Dengan Maksimal? Coba Suplemen Fitnes Ini


 Bersepeda merupakan olahraga yang membutuhkan daya tahan tubuh tinggi. Bersepeda membutuhkan banyak energi untuk mengayuh pedal pada target kecepatan dan jarak yang telah ditentukan. Selain itu, otot-otot pada bagian kaki yang aktif pada saat bersepeda akan mengalami kelelahan dan resiko cidera pasca latihan.

Seseorang yang rutin melakukan olahraga bersepeda harus melakukan diet yang tepat untuk menjaga tubuhnya tetap pada kondisi prima. Tidak hanya menjaga pola makan, seseorang harus mengkonsumsi suplemen fitnes sebagai asupan nutrisi. Suplemen bukan sekedar bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, tetapi suplemen adalah media yang sangat baik untuk merecovery tubuh pasca latihan dengan cepat dan mempersiapkan tubuh untuk latihan berikutnya.

Fitnestips sadar bahwa memilih suplemen bukan hal yang mudah bagi sebagian orang. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan mengulas suplemen fitnes terbaik untuk olahraga bersepeda.


Bersepeda merupakan olahraga yang menggunakan otot-otot bagian betis dan paha untuk mengayuh. Olahraga bersepeda yang dilakukan secara intens akan membuat otot-otot pada bagian betis dan paha menjadi bekerja lebih keras sehingga mengalami kelelahan dan berpeluang untuk mengalami kerusakan pada serat-serat otot.

Seseorang yang rutin melakukan olahraga bersepeda harus mengkonsumsi protein sebagai asupan nutrisi utama. Protein bekerja sangat baik dalam memulihkan dan merecovery otot-otot pasca latihan bersepeda. Whey protein adalah suplemen fitnes yang dapat menjadi pilihan bagi para pesepeda karena mengandung protein yang terbaik untuk tubuh dan otot. Whey protein mengandung asam amino dalam jumlah tinggi dan mudah diserap tubuh sehingga sangat bermanfaat dalam merecovery dan membangun otot-otot secara cepat.

Seorang peneliti bernama Michael Saunders meneliti efek whey protein dan minuman kaya karbohidrat pada para pesepeda yang baru saja melakukan latihan. Hasil penelitian dari peneliti di American College of Sports Medicine itu menujukkan bahwa protein-karbohidrat kombinasi memperpendek waktu pemulihan yang memungkinkan pengendara sepeda untuk bekerja lebih keras selama latihan mereka berikutnya.



Creatine adalah suplemen yang populer pada olahraga bersepeda karena manfaatnya yang luar biasa dalam mensuplai tenaga saat latihan. Menurut Jonathan Oliver, Ph.D., creatine dapat mengurangi jumlah laktat dalam tubuh sehingga mendukung untuk melakukan latihan intensitas yang lebih tinggi. 

Secara sederhana, creatine digunakan sebagai bahan bakar otot saat berolahraga. Creatine yang telah dikonsumsi akan dibawa oleh darah menuju otot. Hasilnya, seseorang menjadi memiliki peningkatkan daya tahan dan energi yang tinggi sehingga dapat melakukan latihan bersepeda dalam intensitas tinggi.



Beta alanine merupakan suplemen yang baik untuk otot saat berlatih sepeda. Salah satu suplemen terbaik untuk bersepeda ini tergolong dalam asam amino non esensial. Beta alanine diperlukan oleh otot untuk mensintesa karnosin. Pada kondisi yang maksimal, karnosin dapat bekerja dengan baik untuk menunda kelelahan otot sehingga memberikan kekuatan untuk bersepeda lebih lama

Beta alanine baik untuk dikonsumsi sebelum latihan bersepeda. Anda dapat mengkonsumsinya secara aman dua kali sehari dengan dosis 2-4gram. Beta alanine dalam tubuh akan bekerja untuk meningkatkan daya tahan dan menunda kelelahan otot sehingga memberikan Anda kemampuan untuk berlatih lebih keras.



Seperti yang kita tahu, bahwa bersepeda dapat membuat seseorang kehilangan banyak cairan dalam tubuh sehingga tubuh dapat mengalami dehidrasi. Mengkonsumsi elektrolit dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang pasca latihan bersepeda. Kandungan berbagai ion pada suplemen elektrolit akan membantu Anda dalam merecovery tubuh kembali pada kondisi prima. Sementara itu, elektrolit dapat dikonsumsi dengan mudah bersama minuman lain dan akan bekerja lebih maksimal pada air panas.

Mengkonsumsi suplemen bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh pada seseorang yang melakukan aktivitas berolahraga. Para pakar dan pelatih olahraga bersepeda menyarankan untuk mengkonsumsi suplemen fitnes karena makanan sehat saja belum cukup untuk menjaga daya tahan tubuh. Tetapi, Anda harus berada di bawah pengawasan pakar dan mematuhi aturan pakai dalam mengkonsumsi suplemen untuk menunjang latihan bersepeda.


Referensi
Brian East Dean. 2011. The Best Supplements for Cyclists. Diakses dari http://www.livestrong.com/article/320439-the-best-supplements-for-cyclists/
Thena Sivakumar. 2013. Ten Best Nutritional Suplements for Cycling. Diakses dari http://www.vitaminsestore.com/ten-best-nutritional-supplements-for-cycling/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar