PIXEL

3 Waktu Terbaik Untuk Mengkonsumsi Whey Protein Shake


Saat ini banyak orang yang mulai rutin mengkonsumsi whey protein shake untuk membangun massa otot atau yang hanya bertujuan untuk kesehatan. Akan tetapi sebagian besar dari mereka belum mengetahui dengan pasti kapan saja whey protein shake baik untuk dikonsumsi. Padahal mengkonsumsi whey protein pada waktu yang kurang tepat justru membuat manfaat dari whey protein menjadi tidak maksimal. Namun tidak berarti berbeda jeda membuat tubuh tidak mendapat manfaat apapun.

Pada artikel kali ini, fitnestips akan membahas kapan saja waktu terbaik untuk mengkonsumsi whey protein shake. Harapannya, semoga Anda dapat mengkonsumsi whey protein shake dengan kondisi yang tepat dan mendapat manfaatnya secara maksimal. Selain itu, dapat membantu menjaga kondisi kantong Anda untuk membeli whey protein kan? 

Pagi Hari
 Pagi hari merupakan salah satu waktu terbaik untuk mengkonsumsi whey protein shake.
Alasannya simpel, pada saat tidur selama 7-9 jam tubuh seseorang tidak mendapatkan asupan protein maupun nutrisi apapun. Sementara otak tetap membutuhkan protein untuk bekerja saat seseorang tidur.  Untuk tetap menjaga keseimbangan protein dalam tubuh, maka diperlukan asupan sumber protein yang memiliki Biological Value tinggi dan mudah diserap oleh tubuh. Oleh karena itu, mengkonsumsi whey protein shake di pagi hari sebagai asupan nutrisi dan mengembalikan nutrisi yang hilang adalah solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh Anda.
Menurut doctoroz.com, mengkonsumsi whey protein shake di pagi hari tidak hanya memenuhi kebutuhan protein untuk tubuh dan membangun otot, tetapi juga memberikan berbagai manfaat baik untuk tubuh, yaitu :
       Meningkatkan metabolisme sebanyak 25%
       Menjaga keseimbangan gula darah yang berarti membuat tubuh tidak mudah lapar.
       Asupan energi yang bermanfaat untuk beraktivitas dan membakar lebih banyak kalori
Setelah Latihan (Post Workout)
Di antara waktu-waktu terbaik, waktu setelah latihan adalah waktu terbaik untuk mengkonsumi whey protein sama halnya seperti konsumsi pada pagi hari. Pada saat selepas berlatih beban, protein dalam otot telah banyak berkurang digunakan selama melakukan latihan. Apabila otot tidak segera mendapatkan asupan protein, maka syntesis protein dalam otot tidak dapat merecovery otot pasca latihan dan hanya sedikit sekali pertumbuhan otot yang diperoleh. Ini jelas membuat latihan Anda menjadi sia-sia.
Whey protein shake sangat baik untuk dikonsumsi 30-60 menit pasca latihan. Pada rentang waktu tersebut, otot memiliki respon yang sangat baik untuk menyerap asam amino dari protein. Whey protein shake merupakan makanan terbaik untuk otot pasca latihan karena memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dan dapat langsung diserap tubuh dengan cepat sehingga membuat anda tidak akan “kelaparan”.

Dikutip dari mensfitness.co.uk, sebuah publikasi penelitian dalam Journal Of The International Society Of Sports Nutrition mengemukakan bahwa seseorang yang mengkonsumsi whey protein setelah latihan akan mengalami peningkatan aliran darah menuju lengan bagian bawah dan peningkatan pengiriman berbagai nutrisi pembangun menuju otot. Selain itu, asam amino dari whey protein akan dibawa menuju otot sehingga terjadi peningkatan kekuatan dan massa otot.

Di Antara Jam Makan
Whey protein baik untuk dikonsumi di antara jam makan. Pada waktu ini whey protein shake bermanfaat baik sebagai tambahan protein apabila di jam makan lainnya Anda mengkonsumsi bahan makanan kaya akan karbohidrat dan rendah protein. Bagi Anda yang sedang berusaha mengendalikan berat badan, mengkonsumsi whey protein pada waktu ini bermanfaat untuk menjaga pola makan yang tepat dan memberikan rasa kenyang yang berkualitas dan tidak berlebihan.


Kini Anda telah mengetahui kapan saja waktu terbaik untuk mengkonsumsi whey protein shake. Rata-rata orang mengkonsumsi 2-3 sajian whey protein shake sehari untuk menunjang pemulihan dan membangun otot mereka. Pastikan bahwa anda benar-benar mengetahui whey protein mana dan seberapa banyak yang anda butuhkan dalam 1 harinya. 

Referensi
Anonim. 2014. Best Time to Take Whey Protein Shake. http://blog.build-some-muscle.com/best-time-to-take-whey-protein-shake/
Lisa Lynn. 2011. Breakfast Shakes Drinkyour Self Skinny. http://www.doctoroz.com/blog/lisa-lynn/breakfast-shakes-drink-yourself-skinny
Ben Ince. 2013. Whey Protein : How To Use It To Buid Muscle. http://www.mensfitness.co.uk/nutrition/supplements/3231/whey-protein-how-use-it-build-muscle 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar