PIXEL

Ini yang dapat Anda lakukan Agar 4 Menit anda Bermanfaat


Anda hanya punya 1 jam dalam sehari? Akan kami buatkan pedoman khusus agar 1 jam tadi bermanfaat. Namun bagaimana jika hanya memiliki 4 menit sehari? Masih bisa. Bagaimana caranya agar 4 menit tadi pun dapat menjadi sebuah rutinitas olahraga yang sangat efektif dan efisien. Bagaimana caranya? Coba Tabbata Training.

Tabata Training cukup dilakukan selama 4 menit setiap hari, atau lebih tepatnya 4 menit 20 detik. Latihan yang diteliti oleh Dr. Izumi Tabata dan tim peneliti ini tergolong high intensity interval training yang bisa dilakukan dengan alat-alat yang sederhana di sela-sela aktivitas rutin setiap hari bahkan di sela – sela pekerjaan anda.

Sejarah Tabata Training


Tabata Training pertama kali dikenalkan oleh Dr. Izumi Tabata dan tim peneliti dari National Institute of Fitness and Sports di Tokyo.

Tabata Training berawal dari penelitian Dr. Izumi Tabata dan tim peneliti pada 2 grup atlet. Grup pertama berlatih dengan intensitas moderat sebanyak lima kali dalam seminggu dengan latihan 1 jam perhari. Sedangkan grup kedua berlatih dengan intensitas tinggi sebanyak empat kali seminggu dengan latihan 4 menit 20 detik setiap hari. Masing-masing grup atlet melakukan pola latihan tersebut selama 6 minggu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa grup pertama mengalami peningkatan pada sistem aerobik dan sedikit peningkatan pada otot. Pada grup kedua diperoleh peningkatan sistem aerobik yang lebih tinggi daripada grup pertama dan peningkatan pada bagian otot sebanyak 28%. Itu artinya, bahwa jenis high intensity interval training memberikan manfaat yang lebih besar pada sistem aerobik dan otot.

Program Tabata Training

Tabata Training cukup dilakukan selama sekitar 4 menit. Ya, ini sangat berbeda dengan pandangan Anda yang mengatakan bahwa latihan harus dilakukan dalam waktu yang relatif lama.

Struktur dari program tabata yaitu
  • latihan berat 20 detik
  • Istirahat 10 detik
  • Diulangi sebanyak 8 kali

Mari kita contohkan Anda latihan Tabata dengan pushup.

Pertama yang dilakukan adalah melakukan pushup selama 20 detik dengan mengeluarkan seluruh kemampuan secara maksimal yang bisa Anda lakukan. Setelah itu ambil istirahat selama 10 detik. Selesai istirahat, kembalilah pushup selama 20 detik dengan dilanjutkan pola yang sama sampai lengkap 8 kali repetisi.

Jika ingin latihan lebih maksimal, Anda bisa menggunakan berbagai jenis gerakan lainnya seperti squat, rows, dan sit up. Untuk latihan dengan beberapa jenis gerakan, Anda bisa berlatih dengan menyelesaikan satu gerakan secara lengkap sebanyak 8 repetisi, baru dilanjutkan pada jenis gerakan selanjutnya.

Tabata Training dapat menjadi salah satu solusi yang menarik untuk latihan dalam waktu singkat tetapi dengan hasil yang menjanjikan. Untuk Anda yang ingin segera memulai Tabata Training, kami menyarankan Anda untuk memulai latihan dengan porsi terendah agar dapat mengukur kemampuan tubuh Anda terlebih dahulu.

Yakin masih mau cari alasan lain untuk tidak berolahraga? Coba Tabata sekarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar