PIXEL

4 Manfaat Yang Dapat Casein Berikan Bagi Tubuh

 


Suplemen protein merupakan salah satu suplemen fitnes yang paling banyak dikonsumsi di masyarakat. Suplemen ini digunakan tidak hanya sekadar untuk menambah jumlah asupan protein dalam tubuh. Lebih jauh lagi, suplemen protein banyak dikonsumsi sebagai “makanan” yang baik untuk otot. Asupan yang baik berarti hasil yang baik, hal ini akan memaksimalkan peforma Anda saat latihan dan proses pertumbuhan dan pemulihan jaringan otot. Suplemen protein tidak hanya seputar whey protein, atau asam amino kita juga mengenal casein sebagai jenis suplemen protein.

Namun apa saja kegunaan jenis protein ini bagi anda dan apakah anda benar – benar membutuhkan casein saat ini?



Fatloss berarti output calorie > input calorie. Hal ini dapat menjadi suatu masalah jika Anda mengalami defisit kalori yang berlebihan serta tidak mengkonsumsi protein yang cukup. Hal ini disebabkan pada saat menjalankan diet rendah kalori tubuh akan kekurangan asupan energi sehingga mencari sumber energi cadangan lain. Salah satu sumber cadangan energi tubuh adalah nutrisi berupa protein yang terdapat pada jaringan otot, yang dinamakan katabolisme.

Casein dapat membantu menjaga kondisi otot dan mencegah proses katabolisme apabila Anda melakukan diet rendah kalori. Sebuah penelitian di Boston dengan 2 kelompok yang menjalankan program fatloss menunjukkan bahwa kelompok yang mengkosumsi casein memiliki hasil yang lebih memuaskan dibandingkan dengan kelompok yang mengkonsumsi whey protein. Kelompok pertama mendapatkan hasil program fat loss yang lebih maksimal dan kekuatan yang lebih baik.

Hal ini dikarenakan sifat casein yang memiliki pelepasan protein ke tubuh secara berkala. Ini artinya protein casein memiliki kemampuan dalam membantu mempertahankan kondisi dan volume otot.


Casein termasuk bentuk suplemen protein yang memiliki kalsium cukup tinggi, hal ini dapat membantu proses menurunkan kadar lemak tubuh. Kalsium memiliki peran yang baik dalam menurunkan berat badan dan kadar lemak dalam tubuh, khususnya pada metabolisme lemak ( lipolisis, oksidasi lemak, lipogenesis, pengeluaran energi, dan menekan nafsu makan ).

Studi yang dilakukan oleh International Journal of Obesity menunjukkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi protein dengan kalsium tinggi mampu mengeluarkan lemak dan energi dari tubuh dengan lebih tinggi dibanding dengan seseorang yang hanya mengkonsumsi protein. Penelitian ini juga menyebutkan bahwa perlu ada keseimbangan konsumsi protein dan kalsium untuk membakar lemak lebih maksimal.



Protein casein sebagai bagian dari protein susu bersahabat baik dengan kesehatan usus. Sebuah penelitian yang dilakukan dari Australia menemukan bahwa protein susu meningkatkan kesehatan usus besar lebih baik daripada daging dan kedelai. Ini artinya, dengan mengkonsumsi protein kasein secara rutin, Anda dapat terbantu mendapatkan kesehatan pencernaan yang lebih baik.


Jangan remehkan kualitas dari casein. Sekalipun jarang yang menjadikan casein sebagai suplemen utama namun ia tetap memiliki kualitas protein yang sangat berkualitas. Casein tidak hanya digunakan bagi mereka yang berlatih di gym tapi juga bagi mereka yang aktif di olahraga apapun untuk memaksimalkan masa pemulihan. Protein Casein yang dikonsumsi tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan protein tubuh tetapi juga membantu dalam mempertahankan massa dan kekuatan otot dan mengurangi kadar lemak lebih banyak.

Penggunaan casein bagi Anda yang vegetarian sangat bermanfaat karena dapat menjadi sumber asupan protein lambat serap yang memastikan tubuh selalu mendapat asupan protein.

Jadi jika Anda masih bingung untuk mengkonsumsi suplemen protein yang seperti apa, maka protein casein bubuk dapat menjadi salah satu pilihan cerdas untuk dicoba.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar