PIXEL

Inilah Whey Protein Terbaik Untuk Bodybuilder



Whey protein adalah makanan yang sangat baik bagi seorang bodybuilder. Mengkonsumsi whey protein shake sangat bermanfaat untuk  membangun otot dan aktivitas latihan karena mudah diserap oleh tubuh tanpa perlu melalui proses pencernaan. Asam amino dalam whey protein dikirim ke dalam otot-otot Anda yan “lapar” dengan lebih cepat dibandingkan dengan makanan sumber protein lain seperti ayam, ikan, dan daging.

Whey protein bubuk merupakan jenis whey protein terbaik untuk dikonsumsi seorang bodybuilder. Kandungan protein dalam whey protein bubuk sangat tinggi dan tidak dapat digantikan oleh sumber makanan lainnya. Ada 2 jenis whey protein bubuk yang umum dikonsumsi, yaitu konsentrat dan isolat. Tetapi, dua pilihan jenis whey protein ini justru sering menimbulkan pertanyaan baru, whey protein apa yang terbaik untuk seorang bodybuilder?

Whey protein konsentrat

 Whey protein konsentrat dibuat dengan cara menyaring sumber protein (susu sapi) melalui filter sehingga menghasilkan protein berukuran besar yang diolah menjadi protein powder. Protein powder ini kemudian diproses sehingga menghasilkan whey protein konsentrat dengan kandung 70-85% protein dan 5% laktosa. Seseorang yang intoleran dengan laktosa dapat mengalami problem apabila mengkonsumsi whey protein konsentrat dalam jumlah besar.

Whey protein isolate

 Sementara itu, whey protein isolat merupakan protein konsentrat yang mengalami proses pemurnian lebih lanjut. Whey protein isolat diperoleh dengan menggunakan teknologi ion-exchange atau cross-flow microfiltration. Whey protein isolat memiliki kandungan karbohidrat dan lemak yang lebih rendah dibandingkan dengan protein konsentrat. Orang-orang yang intoleran dengan laktosa tidak memiliki masalah dengan whey protein isolat.

Berbagai perusahaan produsen whey protein isolat bahkan menyatakan bahwa produk mereka bebas dari laktosa atau menambahkan suatu enzim yang dapat menghilangkan kandungan laktosa.


Whey protein mana yang lebih baik?

Perbedaan utama antara whey protein konsentrat dan isolat terletak pada tingkat kemurnian kandungan protein. Whey protein isolat memiliki kandungan protein paling murni dengan 90-94% protein, sementara itu whey protein konsentrat hanya mengandung 70-85% protein.

Whey protein isolat merupakan pilihan yang lebih baik untuk seorang bodybuilder dalam membangun otot. Tingkat kemurnian protein yang lebih tinggi pada whey protein isolat dapat menjadi makanan yang sangat baik untuk otot sehingga mendukung pertumbuhan otot dengan lebih cepat. Selain itu, whey protein memiliki kandung Biological Value (BV) yang tinggi, artinya kandungan rasio asam amino di dalamnya sangat mudah untuk diserap oleh otot dan sangat baik untuk membangun otot.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh Victoria University di Australia selama 10 minggu, menunjukkan bahwa konsumsi whey protein isolate dapat meningkatkan massa dan kekuatan otot dengan lebih efektif. Selain itu, whey protein isolat terbukti mampu mengurangi lemak dalam tubuh dengan lebih baik dibandingkan dengan suplemen kasein. Itu artinya, whey protein isolate memiliki manfaat yang lebih baik untuk seorang bodybuilder dengan membangun otot dan mengurangi jumlah lemak pada tubuh.

Whey protein telah terbukti secara ilmiah sebagai bahan makanan yang baik untuk seorang bodybuilder. Tetapi, tubuh yang idaman dengan otot yang bagus tidak akan tercapai jika Anda hanya mengkonsumsi whey protein saja. Latihan beban yang rutin dan pola makan yang sehat adalah bagian dari pola hidup yang harus dilakukan oleh seorang bodybuilder.

Referensi

Anonim. 2011. Whey Protein Isolate vs. Whey Protein Concentrate Which Is Best to Build Muscle Fast. Diakses dari http://www.2buildmusclefast.com/2011/04/whey-protein-isolate-vs-whey-protein.html.

Edmund R. Burke, Ph.D.Whey Isolate Has a Greater Effect on Muscle Mass Than Other Proteins. Diakses dari http://www.nutritionexpress.com/article+index/authors/edmund+r+burke+phd/showarticle.aspx?articleid=237