PIXEL

Angkat Bebanmu, Bukan Ego-mu


Ini bukan perlombaan, tapi hasil yang berbicara pada akhirnya.
Terkadang, pemula yang akan memulai program latihan, melakukan beberapa tindakan yang tidak perlu hanya supaya dianggap sudah berpengalaman dalam melakukan berlatih beban. Berikut beberapa tindakan yang harusnya dihindari oleh pemula :

Makin Berat Makin Bagus
Bagi pemula, semakin berat beban yang mereka angkat, semakin cepat pula mereka mendapat tubuh yang mereka inginkan atau justru makin keren juga mereka diantara member yang lain. Padahal ini salah. Gunakan beban yang sesuai kemampuan tubuh saat itu dan tambahkan juga sesuai kemampuan. Para professional mengangkat beban-beban yang luar biasa seakan memaksa, padahal itulah beban yang memang sesuai kemampuan tubuh mereka saat itu.
Hal yang paling utama adalah Form terbaik, bukan beban terberat.

Pola Makan

Pemula biasanya beranggapan, bahwa semakin banyak makan, semakin besar pula badan yang mereka buat atau semakin sedikit mereka makan semakin mudah kurus tubuhnya. Mereka juga tidak tahu, seberapa banyak kalori yang mereka butuhkan. Tapi kami sendiri FitnesTips tidak benar-benar mengetahui sebenarnya kebutuhan kalori harian kami. Ya!! Siapa yang mampu mengatakan secara spesifik kebutuhan kalori seseorang bahkan secara mendetail, karena yang ada hanya perkiraan kalori harian menyesuaikan aktifitas yang dilakukan. Sehingga kebutuhan kalori seseorang adalah berdasar pengalaman dan bukan hitung-hitungan pasti yang membosankan.

Overtraining

Banyak pemula yang beranggapan, bahwa semakin berat latihan tersebut maka semakin cepat pula hasil yang akan mereka capai. Ungkapan ini jelas salah besar terlalu banyak khayalan yang berperan disana. Sebanyak apa pun latihan, diperlukan waktu untuk beristirahat, memasukkan kembali nutrisi yang baik dsb. Seimbangkanlah!



Suplemen Berlebih
Kami tidak mengatakan itu dapat membahayakan tubuh tapi sekali lagi FitnesTips berpendapat segala hal yang dijalankan berlebihan tidak pernah baik hasilnya. Suplemen memang membantu dalam menyediakan nutrisi berkualitas dan efisien.Namun mengutamakannya jauh diatas makanan utama kita adalah hal yang kurang baik. Bagi pemula prioritaskan untuk mengkonsumsi suplemen protein dan multivitamin. Jenis suplemen lain dapat menyusul seiring kebutuhan masing-masing pribadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar