PIXEL

Ketahui seputar Lemak tubuh dan bagaimana Proses Terbentuknya


Ketahui seputar Lemak tubuh dan bagaimana Proses Terbentuknya

Lemak adalah cadangan energy terbesar bagi tubuh manusia. Hal ini dikarenakan kalori yang mampu disumbangkan 1 gram lemak adalah sebesar 9 kalori. Jumlah yang sangat besar karena karbohidrat dan proteinsaja hanya mampu menyumbang sebesar 4 kalori per gramnya. Namun sayangnya lemak tidak dapat menjadi sumber konsumsi utama mengingat sulitnya proses cerna didalam tubuh terhadap lemak. 
Lemak tubuh dapat dipisahkan menjadi 2 kategori yaitu lemak essensial dan cadangan lemak tubuh. Sesuai namanya lemak essensial difungsikan untuk kesehatan tubuh. Lemak ini disimpan dalam jumlah yang kecil pada sumsum tulang belakang, organ tubuh, system saraf pusat, dan juga otot. Pada pria biasanya jumlah normal lemak essensial adalah sebesar 3% dari berat badan. Pada wanita yang pada umumnya memiliki persentase lemak yang lebih tinggi yaitu sebesar 12%.
Cadangan lemak adalah tipe lain dari lemak tubuh. Ini adalah lemak yang terakumulasi dibalik kulit Anda (subkutan) pada daerah yang spesifik pada tubuh dan tentu didalam jaringan otot. Kelebihan pada jaringan lemak inilah yang menjadi “Main Target” seseorang yang ingin menurunkan berat badan. 

-          Bagaimana tubuh menyimpan cadangan lemak ?

Tubuh memang dikondisikan untuk menyimpan lemak sebagai energi yang akan digunakan nanti. Ketika tubuh mendapat sinyal bahwa ia membutuhkan tenaga lebih maka ia akan mengirimkan enzim yang akan memecah sel lemak untuk menghancurkan komponenennya. Dalam proses ini akan dilepaskan gliserol dan asam lemak kedalam darah dan masuk kedalam jaringan otot.
Namun ketika tubuh menyimpan jumlah cadangan energi yang lebih besar dari kebutuhan maka sel-sel lemak tadi tidak terpecah seluruhnya dan justru disimpan di jaringan subkutan (bawah kulit)

-          Apa yang akan terjadi jika persentase lemak tubuh lebih tinggi dari normal?
Batas Normal Lemak Tubuh (%)
Usia
Wanita
Pria
18-39
21-32%
8-19%
40-59
23-33%
11-21%
60-79
24-35%
13-24%
Jika hal ini terjadi maka risiko Anda untuk penyakit jantung, tekanan darah tinggi, batu empedu, diabetes mellitus tipe 2, osteoarthritis, serta kanker akan semakin meningkat. Bahkan pada kasus tertentu kita dapat melihat seorang yang terlalu gemuk menjadi sulit bernafas bahkan ketika ia beristirahat atau hanya sekadar duduk-duduk saja.
Pada beberapa penelitian yang dilakukan, jika Anda memiliki lemak berlebih pada bagian pinggang maka risiko terjadinya penyakit yang disebutkan diatas akan lebih tinggi jika lemak itu tersimpan pada pantat atau paha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar