PIXEL

Definisi Fitness

Di benak kita jika mendengar kata Fitness mungkin latihan beban, tubuh kekar dan besar sudah amat sangat melekat. Kita berpikir bahwa Fitness merupakan rutinitas ke gym, angkat-angkat beban kemudian pulang dan tahu-tahu badan berotot.

Gym merupakan bagian dari Fitness namun Fitness sendiri tidak berarti hanya gym. Tapi apakah seorang yang hobi bersepeda atau bahkan rafting dapat dikatakan sedang menjalani Fitness Program?

FitnesTips mendefinisikan Fitness secara sederhana supaya tidak terjadi bias. Fitness itu memiliki 4 aspek didalamnya yang saling terlibat dan terkait yaitu :
1. Exercise
Latihan secara RUTIN. Baik itu adalah anaerobik yaitu berlatih beban atau aerobik seperti bersepeda, berenang, jogging dsb. Hal yang perlu digaris bawahi disini adalah rutin (2-4x dalam seminggu) sehingga tidak termasuk pada mereka yang hanya berolahraga 1x dalam seminggu atau malah sebulan sekali.




2. Nutrition
Nutrisi itu seperti kualitas bahan bangunan. Semakin berkualitas nutrisi yang kita konsumsi semakin berkualitas pula kesehatan tubuh tadi. Bahkan ada pakar yang mengatakan bahwa kualitas nutrisi jauh lebih penting daripada kualitas sebuah latihan sekalipun hal ini harus dijalani secara seimbang




3. Rest / Recovery

Hal yang sering dilupakan banyak orang. Kualitas istirahat seseorang menentukan hasil dari progress tersebut. Karena pada saat tubuh beristirahat itulah saat sebenarnya tubuh memperbaiki sel-sel tubuhnya. 







4. Mental Health

Hal yang paling tidak dipedulikan oleh mayoritas masyarakat Indonesia dalam mencapai hidup sehat. Mereka menganggap bahwa kesehatan mental tidak ada hubungannya dalam membangun tubuh. Kondisi pikiran yang sehat dan baik serta seimbang bahkan membantu tubuh dalam membakar lemak lebih banyak serta menghindari dari kemungkinan resistensi tubuh terhadap insulin yang berarti kita akan terus menerus terasa lapar padahal sudah makan. Bagi yang tiap kali stres dan selalu menyelesaikannya dengan makan terjawab sudah mengapa tubuh tidak juga mengalami perubahan.

Nah, jadi siapa saja yang sudah menjalani Fitness Program? Tentu mereka yang sudah menjalani 4 hal diatas secara seimbang. Bukan hanya sekadar mereka yang hanya nge-gym. Gym itu hanya sebagian kecil yang sudah terlanjur dianggap satu-satunya definisi Fitness. Bahkan mereka yang hanya Gym tapi tidak mengedepankan 3 aspek lainnya tidak dapat dikatakan menjalani Fitness Program. 

Makin beragam kan jalan menuju sehat? Bangun dari sekarang Fitness Program anda masing-masing. Sesuaikan dengan hobi dan kunci penting adalah SEIMBANG karena definisi kesehatan yang sebenarnya adalah bukan menjadi berotot, besar, atau berurat nyembul-nyembul tapi bagaimana aktifitas anda dapat berjalan seimbang. 


Get Healthy !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar