PIXEL

7 Makanan Anti-Buncit


“70% wanita mendambakan pria berperut buncit dibanding mereka yang six-pack”
“Perut buncit jauh lebih seksi dibanding perut rata”
“Rata – rata cowok penyayang pasangannya adalah yang berperut buncit”
Entah penelitian dari mana yang jelas bagi saya ini hanya pernyataan malas yang diklaim menjadi sebuah penelitian di masyarakat. Pernyataan ini seakan menjadi sebuah pembenaran bahwa makan berlebihan dan tidak sehat adalah benar. Tidak hanya makan karena unsure pembentuk “si buncit” juga bisa alkohol dan minimnya aktifitas.
Mungkin, yah hanya mungkin si cewek belum pernah berhubungan dengan cowok yang punya badan atletis.
Buncit tidak menentukan jelek atau tampannya seseorang. Namun buncit dapat menjadi indikasi mudah dalam menentukan tingkat kesehatan dan aktifitas seseorang sehari – harinya.
Setiap orang hanya mendambakan namun belum sampai kepada tahap berusaha. Oh!! paling tidak ada yang sudah mencapai tahap merencanakan.
Rendahnya kesadaran ini disinyalir diakibatkan oleh ketidaktahuan akan alasan harus memperhatikan dan mewaspadai adanya perut buncit. Namun perlu dipahami bahwa buncit disini bukan dikarenakan oleh adanya penumpukan cairan abnormal di perut (ascites) atau perbesaran organ hati (hepatomegali) melainkan murni karena obesitas yang menyebabkan penumpukan jaringan lemak di perut.
Perut udah tidak buncit, lalu mau apa?
Pernah dapat pertanyaan seperti ini? Tidak perlu susah – susah untuk six-pack, karena untuk mendapat perut rata dengan rajin olahraga saja orang sudah bertanya dengan pertanyaan diatas.
Sebenarnya bisa dibalik dengan pertanyaan : “kalau sudah buncit gimana?” Yang jelas beli baju, celana, kemeja baru.
Sebelum membaca tips dibawah alangkah lebih baik jika anda memahami terlebih dahulu apa keuntungan yang akan anda dapatkan dengan perut yang tidak buncit.
1.       Mendapatkan perut buncit tidak hanya dengan dipandang. Ia membutuhkan usaha yaitu menata kembali gaya hidup anda baik dari aktifitas maupun asupan sehari – hari. Dalam proses ini tubuh akan meningkatkan tingkat stamina, daya tahan, fleksibilitas dsb.
2.      Mengurangi rasa malas, meningkatkan produktifitas. Dengan tubuh yang bervolume jauh lebih besar gerakan anda jauh lebih berat, dan ini akan sangat mempengaruhi aktifitas sehari – hari.
3.      Lemak pada tubuh kita sama seperti air di kolam renang. Sedot pada salah satu sudutnya maka air akan kembali pada sifatnya yang mengisi ruang sehingga distribusi akan merata kembali. Fokuskan pada perut saja maka hanya lemak perut saja yang berkurang. Sangat tidak mungkin. Tentu lemak lengan, paha, dsb yang berlebihan akan berkurang. Prinsip ini juga yang masih membuat saya mempertanyakan metode liposuction (sedot lemak) pada bagian perut untuk tujuan kosmetik.
4.      Semakin seimbang aktifitas anda maka semakin baik juga proses tubuh dalam menjalankan metabolismenya. Pembelahan sel, pembentukan kembali tidak akan terganggu. Hal ini yang mampu membuat kulit jauh lebih kencang dan sehat.
5.      Baju lebih nyaman digunakan.
Mendambakan punya perut rata dan bisa bebas pakai baju apa saja sebenarnya bukan cara yang sulit. Selain melakukan latihan fisik, asupan makanan juga perlu diperhatikan. Karena pada dasarnya adalah bagaimana menciptakan kondisi defisit kalori yang sehat.
Defisit kalori yang sehat disini dimaksudkan pada 2 unsur yaitu range defisit kalori serta jenis asupan kalori. Jika kebutuhan harian anda akan kalori adalah 2500 kalori namun asupan hanya 1000 kalori jelas ini kondisi defisit yang kurang sehat.
Bagaimana dengan jenis asupan kalori? Jika 1 kepal nasi dengan 1 es krim sama – sama memiliki 160 kalori maka jenis asupan mana yang anda pilih?
Dilansir Girlovestyle, beberapa makanan ini merupakan makanan “anti-buncit”.
1.      Almond
Kandungan serat, magnesium dan vitamin E yang terkandung dalam kacang almond dapat membant tubuh dalam mencapai perut rata. Selain rasanya yang lezat dan gurih, almond juga kaya manfaat, diantaranya dapat membantu mengurangi berat badan, mencegah kehilangan massa otot, mencegah penyakit jantung, penuaan dini serta menyeimbangkan tekanan darah.
Jika anda berpikir untuk mencari asupan lemak baik yang sifatnya dapat menyeimbangkan kadar lemak dalam darah maka mengkonsumsi almond sebagai camilan sehat dapat menjadi pilihan.

2.     Oatmeal
Rasanya mungkin tidak terlalu enak, tetapi menu sarapan yang satu ini justru kaya serat dan nutrisi yang baik dikonsumsi di pagi hari tanpa tambahan gula. Membantu menjaga perut tetap rata dan berat badan ideal. Selain itu, oatmeal dapat menurunkan tingkat kolesterol di dalam tubuh dan cocok dikonsumsi wanita maupun yang sedang menjalankan program pelangsingan tubuh.
Namun jika anda tidak suka rasanya, coba variasikan berbagai macam olahan oatmeal dengan berbagai rasa seperti pisang dan coklat maupun ditambah kayu manis.
Perhatikan batasan konsumsi almond anda dalam sehari karena kalori yang dikandungnya cukup besar.

3.     Daging putih
Dalam tips ini daging putih lebih dipilih daripada daging merah. Hal ini dikarenakan daging putih kaya akan protein, zat besi, zinc, omega-3, vitamin B, potassium, yang dibutuhkan tubuh untuk membangun otot.

4.     Telur
Salah satu sumber protein terbaik adalah telur, dapat disajikan baik pada sarapan pagi atau saat makan siang. Mengonsumsi telur di pagi hari juga membuat asupan energi lebih dan kenyang lebih lama.
Pada dasarnya telur merupakan sumber protein dengan Bioavalibility Index yang cukup tinggi. Hal ini berarti ia sangat mudah diserap oleh tubuh.

5.     Berry
Buah berry kaya akan serat serta wajib ada di setiap menu makanan diet anda. Serat ini dapat membantu memperlancar pencernaan, dan rendah kalori. Mudah diserap tubuh sehingga membantu program diet.
Berry-berryan juga mencegah penyakit jantung, meningkatkan kualitas penglihatan, serta meningkatkan daya ingat. Tidak berhenti disana, buah jenis berry terkenal memiliki anti-oksidan yang luar biasa tinggi untuk menangkal radikal bebas.

6.     Bayam dan sayur hijau lainnya

Prioritaskan sayuran hijau gelap seperti bayam, brokoli, sawi, kangkung, dan lain sebagainya jika memilih sayur. Selain rendah kalori, mereka juga kaya kalsium yang dibutuhkan tubuh.
Memakan sayur memang sehat, namun bukan berarti ia boleh dimakan berapapun karena bagaimanapun sayuran tetap memiliki jumlah kalori. Gajah makan rumput, namun lihat ukurannya.

7.     Produk susu

Dalam memilih produk susu, usahakan anda selalu jeli sebelum membeli. Jangan hanya membeli produk – produk yang menjanjikan label “low fat”. Pada dasarnya memang produk tersebut mengandung lemak yang rendah, namun jangan lupa bahwa komposisi produk tidak hanya terdiri dari lemak namun ada banyak komposisi makro dan mikro lainnya.
Bisa jadi produk tersebut rendah lemak namun malah tinggi gula atau tinggi karbohidrat.

Pilih susu yang memang memenuhi syarat sebagai berikut :
-         Rendah lemak
-         Rendah kalori
-         Tinggi protein
-         Kaya akan micronutrien
-         Tidak menggunakan gula buatan atau perasa buatan seperti Aspartame.
-         Tidak mengandung bahan adiktif

Dalam syarat ini, whey protein masih dapat menjadi pilihan yang tepat dalam memenuhi kebutuhan pola makan diet anda karena memenuhi syarat – syarat diatas.

7 makanan yang kami sajikan kali ini bukan makanan yang begitu dimakan dapat membuat perut buncit anda rata bahkan six-pack. Ini adalah makanan yang dianjurkan selalu ada atau dapat menjadi pilihan dari deretan makanan yang anda makan sehari – hari.

Selalu seimbangkan dengan olahraga sehari – hari dan aktifitas tinggi untuk mendapat hasil yang maksimal.