PIXEL

4 Kesalahan Yang Harus Dihindari Untuk Bakar Lemak Lebih Maksimal

Sering kami menemukan orang-orang yang diet untuk membakar lemak dengan mengatur berbagai makanan yang mereka konsumsi. Lebih jauh lagi, ada orang-orang yang melakukan diet sampai kelaparan karena obsesi mereka untuk membakar lebih banyak lemak. Bisa dibayangkan kan bagaimana tubuh jika kelaparan. Lemas, susah konsentrasi, dan mengganggu dalam beraktivitas.

Program bakar lemak saling berhubungan erat dengan makanan. Apa yang kita makan dan kebiasaan makan akan mempengaruhi program bakar lemak yang dijalankan. Tetapi minimnya pengetahuan dan pengalaman dapat menimbulkan  berbagai kesalahan pada program bakar lemak yang dilakukan. Kesalahan ini jarang disadari karena sekilas sudah sejalan untuk membakar lemak. Akibatnya lemak pada tubuh tidak berkurang, tetapi malah meningkat.

Untuk Anda yang ingin membakar lemak dengan lebih maksimal, kali ini fitnestips akan mengulas 4 kesalahan yang harus dihindari pada saat menjalani program bakar lemak.

1.      Mengkonsumsi Makanan Fat Free


Sudah menjadi budaya baru bahwa orang-orang yang ingin membakar lemak suka untuk mengkonsumsi makanan fat free. Mereka beranggapan bahwa makanan fat free adalah jawaban dari impian mereka.

Faktanya, makanan fat free justru bisa menghambat program bakar lemak yang dijalani.

Makanan tanpa lemak sebenarnya kehilangan beberapa rasa dari makanan tersebut. Hasilnya, si produsen makanan menggunakan berbagai bahan tambahan lain untuk menciptakan rasa yang lebih baik pada makanan fat free. Mereka bisa menggunakan bahan-bahan seperti gula dan perasa buatan. Bahan-bahan tersebut jika dikonsumsi secara terus-menerus dan berlebihan justru akan menimbulkan timbunan kalori dan dapat memicu timbunan lemak pada tubuh.

Jadi sia-sia saja kan Anda mengeluarkan uang untuk makanan bebas lemak.


2.      Tidak Cukup Makan


Secara logika, seseorang yang ingin mengurangi jumlah lemak dalam tubuh akan mengurangi porsi makan untuk memangkas jumlah kalori yang dikonsumsi.

Tetapi jika Anda ingin mengurangi jumlah lemak dengan mengurangi konsumsi kalori secara berlebihan, itu justru menjadi sebuah kesalahan. Mengurangi kalori secara berlebihan dengan tidak cukup makan akan membahayakan metabolisme tubuh. Hal ini dikarenakan tubuh membutuhkan kalori minimal untuk bahan bakar saat melakukan berbagai aktivitas. Apabila kekurangan kalori, tubuh akan memecah kalori dari berbagai bagian tubuh yang lain.

Solusinya, Anda tetap harus mengkonsumsi makanan untuk memenuhi asupan nutrisi bagi tubuh. Diet protein tinggi dapat menjadi pilihan karena protein memberikan rasa kenyang yang berkualitas dan menjadi bahan bakar yang baik bagi otot untuk beraktivitas.


3.      Mengabaikan Sinyal Dari Tubuh


Pada masyarakat umum, usaha untuk membakar lemak sering diiringi dengan mengkonsumsi makanan dalam jumlah tertentu pada setiap selang waktu yang telah ditentukan. Tidak jarang kan Anda menemukan saudara atau teman-teman disekitar yang mengkonsumsi makanan sebesar 300 kalori tiap jam. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk mengendalikan apa yang kita konsumsi, tetapi strategi ini bisa juga justru menimbulkan timbunan kalori pada tubuh.

Percaya atau tidak, tubuh kita memiliki hormon yang bekerja untuk memberitahu kapan kita lapar dan kapan kita harus berhenti makan. Tugas kita adalah tetap memperhatikan sinyal tersebut meskipun telah menentukan jadwal dan porsi makanan. Apabila sinyal tersebut  diabaikan, maka yang terjadi adalah kita terjebak pada zona nyaman dimana terus mengkonsumsi makanan padahal tubuh telah memberikan sinyal untuk berhenti makan. Akibatnya sering terjadi seseorang sudah mengatur pola makan tetapi timbunan lemak tetap banyak.
  
4.      Bebas Makan Di Akhir Pekan


Tidak sedikit kami menemui orang-orang yang sibuk berpuasa di hari-hari kerja untuk mengendalikan asupan kalori mereka dan mengumbar nafsu makan di akhir pekan sebagai ajang balas dendam.

Kebiasaan ini tidak hanya memperlambat, tetapi juga bisa menghentikan program bakar lemak yang dilakukan. Mengumbar nafsu makan di akhir pekan akan menghasilkan bom kalori bagi tubuh Anda. Bahayanya lagi apabila mengkonsumsi minuman bersoda dan junk food karena memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi pada setiap porsinya.

Hasilnya pada satu sisi Anda puas balas dendam dengan mengkonsumsi berbagai makanan,  pada sisi lain justru muncul timbunan lemak baru pada tubuh.


Nah, apa yang selama ini kita anggap benar bisa saja menjadi kesalahan yang menghambat program bakar lemak. Yang penting tetap berusaha untuk mengendalikan apa yang masuk ke dalam tubuh sesuai dengan kebutuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar