PIXEL

Creatine Monohydrate, Beracunkah?


Hal – hal buruk apa saja yang sering anda dengar tentang creatine?

Bahas secara spesifik apa itu creatine dan mitos didalamnya!

Judul artikel kali ini sudah cukup mewakili bagaimana sebuah paradigma masyarakat yang sudah terbentuk cukup lama perihal suplemen creatine monohydrate. Sebagian menganggap ini adalah racun bahkan ada yang berpikir ini adalah steroid yang mampu menghilangkan kesuburan seorang pria. Berikut adalah daftar beberapa mitos yang sering terdengar dan jawaban kami berdasar data-data ilmiah yang kami kumpulkan hanya untuk anda.

Creatine Monohydrate sebaiknya dikonsumsi bersamaan dengan jus anggur.
 Tidak ada yang spesial di dalam jus anggur. Anda dapat mengkonsumsi creatine dari jus-jus yang anda sukai apapun itu. Jus buah mampu meningkatkan produksi insulin dalam tubuh dan creatine monohydrate akan bekerja jauh lebih maksimal dengan adanya peningkatan insulin. Namun bagi anda yang memiiliki susu whey protein maka creatine monohydrate akan bekerja jauh lebih maksimal.

Creatine Monohydrate mampu menyebabkan kanker
Mitos ini pertama kali diberitakan di Perancis, ini mitos yang menyedihkan mengingat penyebab pasti sebuah kanker hingga detik ini pun belum ditemukan. Creatine monohydrate adalah molekul yang diproduksi secara alami didalam tubuh dan berperan langsung dalam kelangsungan sebuah sel dalam tubuh. Hingga detik ini sampai tulisan ini diturunkan tidak ada bukti jelas yang menghubungkan creatine dengan penyakit apapun.

Creatine Monohydrate adalah steroid
                Steroid adalah obat dan bukan suplemen. Untuk Indonesia, obat-obatan sejenis ini termasuk obat-obatan yang dilarang jika dikonsumsi tanpa resep dokter. Di sisi lain, creatine adalah suplemen fitnes dan bukan obat-obatan yang jelas legal dan mudah diperoleh bahkan tanpa adanya resep dokter sekalipun.

Creatine Monohydrate akan membuat otot anda lebih berkembang tanpa sama sekali berlatih beban.
Ini jelas salah karena ini hanya ungkapan bagi mereka yang malas dan tidak mau berusaha. Otot hanya akan mengalami hyperthropy jika ada rangsangan baik eksternal maupun internal tubuh. Eksternal tubuh adalah perubahan pola kebiasaan dalam berlatih beban dan internal adalah pola makan dan suplementasi yang anda konsumsi. Creatine akan menunjukkan hasil yang terbaik hanya jika anda memadukannya dengan latihan beban maupun latihan aerobik lainnya. Tidak ada yang instan disini.

Creatine monohydrate akan merusak ginjal anda
Sekali lagi, apapun yang anda konsumsi berlebihan akan menyebabkan efek samping yang buruk. Bukan hasil positif yang anda dapat melainkan dampak negatif akan menghantui. Pergunakan dengan bijak sesuai kebutuhan anda masing-masing. Sesuaikan berdasar kondisi tubuh dan aktifitas sehari-hari anda. Seorang pelari dengan mereka yang hanya melihat layar TV tentu memiliki kebutuhan yang berbeda.

Creatine Monohydrate menyebabkan kram otot.
Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2 grup atlet, yang satu memakai creatine dan yang lainnya tidak, menunjukan bahwa tidak ada kram yang disebabkan oleh pemakaian creatine. Bahkan di sebuah penelitian yang melibatkan pemain american football didalamnya, mengatakan bahwa cedera yang dialami oleh atlet cenderung berkurang saat berlatih.

Creatine Monohydrate menjadi penyebab retensi air yang berlebihan
Mitos ini cukup santer terdengar diseluruh Indonesia terutama yang terbiasa berlatih beban. Namun hal ini sudah dibuktikan salah oleh beberapa penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan massa air dari orang yang sebelumnya tidak konsumsi creatine dan kemudian konsumsi creatine. Tidak ada perubahan massa air yang terlalu signifikan dalam proses pengambilan data dalam penelitian ini. Namun dianjurkan bagi anda yang memiliki aktifitas diluar normal dan mengkonsumsi creatine monohydrate untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan harian anda.

Dengan segudang manfaat dan beberapa mitos yang terjawab, apakah anda masih takut mengkonsumsi creatine monohydrate? Think it twice!


Sumber :
1.       Will G Hopkins PhD, PhysiologyandPhysical Education, University of Otago, Dunedin 9001, New Zealand. Sportscience 4(1), sportsci.org/jour/0001/inbrief.html#creatine, 2000 (476 words).
2.       Mayhew, DL; Mayhew, JL; Ware, JS. Effects of long-termcreatinesupplementation on liver andkidneyfunctionsin American collegefootballplayers. Int J Sport NutrExercMetab2002:12(4):453-60

3.       Haugland RB andChang DT “Insulin effect on creatinetransportinskeletalmuscle” Proceedings of theSociety for ExperimentalBiologyandMedicine (1975) 148: 1-4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar