PIXEL

Pahami 5 Poin Ini Sebelum Memulai Senam Yoga



Wanita memiliki kecenderungan lebih mudah stres daripada pria. Studi di Amerika Serikat, yang dikutip dari Daily Mail, mengungkapkan bahwa ternyata wanita jauh lebih sensitif terhadap kemunculan hormon stres, meski dalam kadar minimal dibanding pria. Sedangkan pria cenderung memiliki imun yang tinggi terhadap hormon stres, meski dalam kadar tinggi. Ilmuwan Tel Aviv University dan University of Haifa menyatakan bahwa wanita ternyata cenderung lebih cepat stres dengan urusan pekerjaan dibandingkan pria. Kondisi wanita yang lebih mudah stres membuat kehidupan wanita lebih mudah terjerumus dalam krisis emosi.

“Wanita memiliki kerentanan yang lebih tinggi dibanding pria untuk mengalami gejala stress”

Salah satu solusi untuk membuat wanita lebih rileks adalah dengan melakukan senam yoga. Senam yoga yang dilakukan secara rutin dapat melatih tubuh menjadi lebih rileks untuk mendapatkan ketenangan batin. Senam yoga dapat dilakukan di berbagai tempat, bahkan di atas tempat tidur dengan durasi yang relatif singkat singkat sekali lho. Maka dari itu senam yoga dapat dijadikan salah satu solusi untuk menurunkan stres pada wanita di antara padatnya aktivitas sehari-hari.

Senam Yoga dapat menjadi alternatif bagi Anda untuk menurunkan kadar stress”

Bagi wanita yang ingin mulai berlatih senam yoga sebaiknya memahami beberapa poin dasar tentang yoga. Pemahaman dasar tentang yoga akan membantu Anda untuk memberikan gambaran yang benar dan akan lebih maksimal dalam senam yoga. Berikut 5 poin yang harus Anda pahami sebelum mulai berlatih yoga :

1. Apa itu Senam Yoga?

Yoga adalah olahraga yang mensinergikan aktivitas fisik, pernapasan, dan pikiran dalam satu tarikan yang serasi dan dinamis sehingga dapat menjaga tubuh bekerja dalam suatu harmoni yang seimbang. Yoga itu sebenarnya susah-susah gampang. Anda dapat mempelajarinya di Internet atau berbagai media lain namun untuk menguasainya akan lebih baik Anda menggunakan instruktur yang sudah terbiasa. 

2. Lokasi Senam Yoga

Yoga memiliki keunggulan untuk bisa dipraktekkan pada berbagai tempat.  Anda bisa melakukan latihan yoga di rumah atau di tempat-tempat khusus untuk yoga. Tempat yang ideal untuk latihan senam yoga adalah tempat yang luas dengan sirkulasi udara yang baik.




3. Waktu dan Durasi Senam Yoga

Yoga dapat dilakukan pada pagi atau malam hari namun disarankan untuk dilakukan pada pagi hari karena dapat membantu tubuh menjadi lebih relaks. Latian yoga di pagi hari dapat memiliki manfaat untuk tubuh dengan memberikan efek reversal pada tulang belakang sehingga mengaktifkan sirkulasi darah dan memberikan asupan oksigen yang lebih banyak ke tubuh. 

Durasi latihan yoga untuk hasil yang optimal dapat dilakukan selama satu jam. Akan tetapi tiap orang harus menyesuaikan durasi dengan kemampuannya agar latian yoga tetap nyaman dan tidak dipaksakan



4. Perlengkapan untuk senam yoga
Hanya perlengkapan sederhana untuk mendukung senam yoga sehingga bisa lebih nyaman dan memberikan hasil yang lebih optimal. Apa saja baiknya? Alas tempat Anda duduk, pakaian yang cukup longgar dan meyerap keringat, akan lebih baik jika terdapat cermin di tempat anda senam yoga.
Umumnya hanya menggunakan peralatan seperti diatas, namun banyak alat peraga yang dapat menunjang senam yoga Anda. Alat peraga yoga umumnya adalah selimut yoga, blok yoga, tali yoga, dan kursi. 



5. Jenis-Jenis yoga
Bagi pemula tidak perlu kebingungan dengan banyaknya jenis yoga. Kebingungan justru membuat Anda menunda latihan. Secara umum senam yoga tediri dari asana, pranayama, dan meditasi. Tiap jenis yoga memiliki manfaat tertentu pada bagian tubuh. Pembelajaran melalui berbagai media dan instruktur akan lebih membantu seseorang dalam memahami jenis-jenis yoga.



Yoga dapat dipelajari dan dipraktekkan untuk berbagai kalangan baik wanita maupun pria. Bagi pemula, berlatih yoga dapat dilakukan dengan menggunakan gerakan-gerakan yang ringan dan ditingkatkan secara bertahap menuju gerakan yang memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Konsultasikan selalu dengan instruktur senam yoga Anda.

2 komentar:

  1. Salam Kenal ya...

    Info yang menarik nie..... kalau boleh tau, kapan waktu yang tepat buat melakukan yoga?oya sis untuk tren model grosir baju senam body image sekarang seperti apa?

    Thnks ya... & sukses selalu.... :)

    BalasHapus
  2. salam kenal gan artikelnya menarik...
    numpang tanya nih tau gk tempat jual baju senam murah via online....???

    BalasHapus