PIXEL

3 Manfaat Kesehatan Dari Hubungan Seksual Yang Rutin

0 3 Manfaat Kesehatan Dari Hubungan Seksual

Kebutuhan pokok manusia adalah bernafas, makan, minum, dan beristirahat. Namun bagi pasangan yang baru menikah mungkin bertambah kebutuhan baru yaitu berhubungan badan. 

Seksolog Zoya Amirin mengatakan bahwa kebutuhan seksual yang tidak terpenuhi akan memberikan dampak fisik dan psikis. Dampak psikis dari tidak terpenuhinya kebutuhan seksual adalah kondisi mental dan emosi yang tidak stabil seperti mudah marah dan munculnya perasaan tidak bahagia. Bahaya juga ya?

Joy Davidson, Ph.D, psikolog dan sex therapist dari Amerika Serikat menyatakan banyak orang kaget saat tahu bahwa hubungan seksual dapat membawa banyak manfaat. Melakukan hubungan seksual pada pasangan tidak hanya sekedar untuk melampiaskan hawa nafsu saja lho. Hubungan seksual yang dilakukan oleh pasangan suami-istri secara rutin dan teratur dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Berbagai penelitian telah mengungkapkan bahwa hasrat untuk melakukan hubungan seksual mampu menjaga kesehatan tubuh dan mengurangi resiko terserang berbagai penyakit. Cek deh apa saja manfaatnya.

1. Sehatkan jantung Anda
1 Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Melakukan hubungan seksual bagi pasangan yang sudah menikah dapat membantu mengurangi resiko terserang berbagai penyakit. Salah satu penyakit yang dapat berkurang resikonya melalui hubungan seksual yang rutin adalah penyakit jantung. 

Hasil riset para ilmuwan dari Queen’s University di Belfast menunjukkan bahwa aktivitas seksual di pagi hari dapat menggerakkan setiap bagian otot pada tubuh seseorang. Kondisi ini ternyata sama saat kita beraktifitas aerobik. 

Menurut, England Research Institute di Massachussets, Amerika Serikat, melakukan hubungan seksual dua kali seminggu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular hingga 45% dibandingkan dengan yang melakukan sekali seminggu. Sering-sering ya!

2. Mengurangi Resiko Kanker Prostat
2 Mengurangi Resiko Kanker Prostat

Prostat adalah salah satu kelenjar seksual pada pria yang terletak di bawah kandung kemih, di sebelah kiri dan kanan uretra. Prostat berfungsi untuk mengeluarkan cairan semen sehingga memudahkan keluarnya jalan sperma. Pertumbuhan sel-sel yang tidak wajar pada jaringan prostat dapat menyebabkan kanker prostat. Kanker prostat umumnya menyerang pria yang berusia di atas 50 tahun dan menjadi pembunuh nomor dua di antara kanker-kanker lainnya yang menyerang pria di Amerika. FYI orang seperti Steve Jobs saja meninggal karena kanker prostat lho. 
  

Perlu diketahui ejakulasi memungkinkan pria untuk mengeluarkan sperma yang bersifat karsinogenik sehingga saluran kemaluan menjadi bersih. Journal of the American Medical Association menungkapkan, ejakulasi 21 kali atau lebih dalam sebulan dapat mengurangi risiko kanker prostat saat usia mulai menua daripada yang hanya ejakulasi empat sampai tujuh kali per bulan. Penelitian lain di tahun 2003 menemukan bahwa pria paruh baya di Australia yang rata-rata mengalami 4 kali ejakulasi dalam seminggu memiliki kesempatan 1/3 lebih rendah terkena kanker prostat dibandingkan mereka yang mengalami lebih sedikit ejakulasi. Nah!! Sering-seringya!

3. Sering sakit kepala? Sering-seringlah berhubungan badan
2 Mengurangi Resiko Kanker Prostat
Hubungan seksual adalah salah satu cara yang sangat ampuh untuk mengurangi rasa nyeri sakit kepala, dan ini termasuk cara yang (sangat) menyenangkan. 

Menurut Saralyn Mark, penulis buku Stellar Medicine: A Journey Through The Universe of Women's Health, melakukan hubungan seks dapat meningkatkan kadar oksitosin, yaitu hormon ‘kesenangan’ dan endorfin di dalam otak yang merupakan obat penghilang rasa sakit. Cairan endorfin berfungsi untuk menenangkan saraf otak tegang sehingga bisa mengurangi rasa sakit kepala secara alami. Endorfin bisa segera bekerja dan menghilangkan sakit kepala, sedangkan obat penghilang rasa sakit memakan waktu hingga 15 menit untuk bekerja menghilangkan sakit kepala. Kalau bisa dicegah kenapa harus pakai obat? Nah, sering – sering ya!!

Hubungan seksual adalah salah satu bagian dari kehidupan pasangan yang telah menikah dan menjadi suatu kebutuhan. Pasangan yang melakukan hubungan seksual secara rutin dapat memberikan kepuasan batin dan manfaat kesehatan pada tubuh. 

Kombinasikan juga dengan olahraga teratur dan pola makan sehat. Pastikan kondisi pasangan Anda sama-sama siap saat akan melakukan hubungan seksual untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Secara tidak langsung saat anda sudah berpasangan, ajak dia untuk menjadi partner sehat Anda.

FitnesTips

2 komentar: